Jumat, Oktober 16, 2020

Cara Mudah dan Asyik Membuat Test Online, Serasa Main Game

Test online adalah salah satu cara melakukan asesmen di masa pandemi seperti sekarang ini. Adanya pandemi virus corona, telah mamaksa para guru untuk kreatif menciptakan model pembelajaran yang lebih kekinian. Tidak hanya beradaptasi dengan keadaan alam, tapi juga beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

Kita tahu, sampai saya merilis artikel ini, pembelajaran tatap muka belum direkomendasikan. Alhasil, sebagian bahkan hampir semua sekolah di seluruh Indonesia melakukan proses pembelajaran dengan model pembelajaran jarak jauh.

Dalam menyikapi pembelajaran jarak jauh ini, masing guru-guru memiliki metode sendiri-sendiri yang tentunya disesuaikan dengan berbagai macam kondisi. Mulai dari kondisi guru itu sendiri (penguasaan terhadap IT), kondisi ekonomi peserta didik (tidak memiliki perangkat untuk mendukung pembelajaran online) sampai dengan kondisi alam yang tidak bisa ditawar-tawar (misal di dareah terdepan, terluar dan terisolir yang susah untuk mendapatkan sinyal seluler).

Nah, bagi guru yang kondisi diri sendiri, kondisi peserta didik dan kondisi alam sangat memungkinkan untuk melakukan pembelajaran oline, saya memiliki rekomendasi bagus nih untuk guru yang ingin membuat test online.

Mungkin sebagian guru sudah tidak asing lagi dengan google form. Ya, dengan google form ini guru bisa membuat soal test online. 

Karena itu sudah tidak asing, dan saya yakin anda yang saat ini baca mungkin juga sudah terbiasa menggunakan google form untuk membuat test online, jadi saya tidak akan membas itu.

Kali ini saya akan bahas sebuah situ bernama Quizizz.com. Yaitu sebuah situs yang sangat berguna untuk para guru yang ingin membuat test online yang interaktif, kreatif dan tidak membosankan. Mengapa saya sebut demikian?

Karena test online yang dibuat di Quizizz.com hasilnya akan seperti game yang sangat menyenangkan. Tentu, dengan hasil yang seperti ini, peserta didik yang mengerjakan test online tidak akan merasa bosan. Mereka akan merasa ayik karena saat mengerjakan test akan diiringi musik dan disertai dengan animasi-animasi yang menarik.

Tidak hanya itu, bagi guru juga akan dibuat mudah pada saat membuat soal test online. Karena di Quizizz.com ada yang namanya fitur teleportasi yang berfungsi membuat soal dari soal-soal yang sudah ada di bank soal. Cuma tinggal klik tambahkan, maka soal sudah masuk ke lembar soal test online yang kita buat.

Nah penasaran kan?

Oke, jangan berpanjang lebar lagi ceritanya. Sekarang yuk kita buat saja soal test online menggunakan quizizz.com

Langkah-Langkah Cara Membuat Soal Test Online

1. Buka alamat https://quizizz.com
2. Klik Login
3. Selanjutnya, silakan klik Masuk dengan Gmail

4. Setelah berhasil login, lanjut dengan klik Buat, kemudian klik Quiz

5. Kemudian kasih nama test online yang anda buat, misal Ulangan Tengah Semester, pilih subyek yang relevan, misal pengetahuan alam atau apa saja yang relevan dengan soal yang akan dibuat, klik Selanjutnya.

6. Kemudian pilih model test yang ingin anda buat, misal pilihan ganda.

7. Nah sekarang form untuk membuat soal sudah tersedia, lanjutkan dengan membuat soal seperti yang anda kehendaki.

Cara di atas adalah cara membuat soal test online secara manual (membuat soal sendiri). Seperti yang sudah saya bahas di atas, bahwa quizizz.com juga menyediakan bank soal yang bisa dipakai untuk membuat soal secara mudah, cepat dan otomatis. Untuk membuatnya ikuti langkah di bawah ini.

Cara Membuat Soal Test Online Otomatis

8. Langkah-langkahnya masih sama dengan langkah-langkah di atas. Cuma, ada perbedaan di langkah nomor 5. Pada langkah nomor 5, anda jangan pilih model soal, tapi langsung klik Teleport. Hasilnya anda akan melihat soal-soal yang sudah ada dan sudah dikelompokan pada mata pelajaran atau pada kelompok test, misal ulangan tengah semester, ulangan akhir semester atau lainnya. Setelah muncul soal, silakan pilih soal yang anda kehendaki kemudian klik TAMBAH.



 
9. Oke, anggap sekarang anda sudah membuat sola secara lengkap. Selanjutnya, tinggal menambahkan gambar pada soal yang anda buat. Klik tambahkan gambar quiz (yang dilingkari warna merah). Pastikan anda sudah memiliki gambar yang nantinya akan mewakili dari soal yang anda buat.

 
10. Dalam settingan ini, selain upload gambar anda juga bisa mengatur bahasa yang digunakan dalam test dan juga mengatur kelas.


Cara Membagikan Soal Test Online Kepada Siswa

11. Nah sekarang, semua proses pembuatan soal test online sudah selesai, saatnya untuk memberikan soal test online ini kepada siswa siswi anda. Caranya, silakan anda klik kembali.

12. Jika anda sudah memiliki beberapa soal test online, untuk memberikan soal yang tepat, silakan anda klik terlebih dahulu Perpustakakaanku, kemudian klik Soal yang akan anda kirim ke peserta didik. Ada dua cara melakuakn test online, langsung atau pekerjaan rumah. Jika memilih langsung, test akan bisa dimulai jika sudah ada peserta didik yang siap mengerjakan dan anda harus klik mulai secara manual. Untuk memudahkan anda dan peserta didik, saya rekomendasikan pilih atau klik Berikan Pekerjaan Rumah. Karena dengan model ini, siswa bisa mengerjakan kapan saja sesuai waktu yang sudah ditentukan tanpa harus menunggu peserta didik lain masuk dan tanpa menunggu guru menakan tombol mulai.

13. Atus batas waktu. 
Setelah anda klik Berikan pekerjaan rumah maka akan muncul form seperti di bawah ini. Di sini anda bisa mengatur waktu pengerjaan. Misal anda memberikan tenggang waktu 1, 2 atau tiga harsu atau mungkin anda bisa memilih Tidak ada batas waktu. Tapi untuk menggunakan fitur tidak ada batas waktu anda harus upgrade akun anda menjadi akun berbayar. Jadi saya rekomendasikan gunakan saja dengan model batas waktu. Setekah selesai setting, silakan klik Lanjutkan.
 

14.Pada tahap berikutnya anda bisa membagikan soal in ivia google class room atau memnbagikan link ke grup WA. Jika anda tidak memiliki google calass room, silakan klik Berbagi Link.


15. Selanjutnya silakan klik Salin Link.

16. Share link tesebut ke grup WA dimana saja yang penting bisa diakses oleh peserta didik.

Jika semua langkah dilakuan dengan benar, maka ketika peserta didik membuka link yang dibagikan di browser internet akan muncul form seperti di bawah ini. Peserta didik tinggal memasukkan nama, kemudian klik Mulai.
Sebelum mengerjakan soal, peserta didik juga bisa memilih tema yang diinginkan. Setelah memilih tema yang diinginkan, peserta diik klik Mulai Game.
 
Eng ing eng....
Sekarang peserta didik sudah mulai pengerjakan soal teset secara online dengan rasa main game. Sepanjang mengerjakan soal, peserta didik akan diiringi dengan musik yang menyenangkan dan akan dihiasi dengan animas-animasi menarik. Misal, jika siswa mengerjakan dengan benar secara terus menerus maka akan animasi medali yang diberikan kepada siswa.


Nah keren kan. Dengan cara ini dijamin deh, anda sebagai guru tidak merasa kesulitan membuat soal test online dan peserta didik tidak akan merasa bosan untuk mengerjakan soal teset online. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top