Selasa, November 24, 2015

Cara Mudah Membuat Soal Tes atau UJian Online Dengan Google Drive

Cara Mudah Membuat Soal Tes atau UJian Online Dengan Google Drive | Google drive salah satu layanan gratis dari google yang didalamnya ada fitur google form. Fitur ini bisa dijadikan sebagai salah cara membuat soal tes atau ujian online.

Membuat soal tes atau ujian online dengan google drive terbilang sederhana dan sangat mudah. Saya yakin anda para pemula saja bisa melakukannya. Namun tentu saja masih banyak kekurangan, google form hanya bisa membuat soal dalam bentuk teks saja, sedangkan jika kita ingin menambahkan konten multimedia seprti gambar dan lain sebagainya belum bisa (atau mungkin saya belum tahu). hehehe....

Makanya, untuk menambah referensi anda dalam membuat soal tes atau ujian online silakan saya rekomendasikan 7 aplikasi gratis untuk membuat soal tes atau ujian online terbaik. Dalam artikel tersebut, selain google drive saya merekomendasikan 6 aplikasi gratisan lainnya yang saya anggap lebih powerful. Salah satunya adalah bisa menambahkan konten mulitimedia dalam soal yang dibuat, sehingga hasilnya lebih interaktif.

Sekarang saya akan fokus pada bahasa cara mudah membuat soal tes atau ujian online dengan google drive. Hal pertama yang wajib anda penuhi adalah, anda harus memiliki akun google yaitu dengan cara membuat email dengan google mail atau gmail.com. Kalau belum punya akun google silakan baca panduan membuat email dengan gmail.

Nah sekarang saya anggap anda sudah memiliki akun google dan sudah login. Selanjutnya inilah cara membuat soal tes online dengan google drive.

Cara membuat soal online dengan google drive

1. Bula link https://drive.google.com/drive/my-drive


 2. Klik Tombol Baru, klik Lainnya dan Klik Google Formulir

Anda akan mendapatkan halaman untuk membuat soal online yang terdiri dari 3 bagian:
1. Setelan

Silakan setel sesuai dengan selera.
 
2. Formulir untuk membuat soal
Di sinilah soal akan dibuat. Ada beberapa yang perlu diperhatikan :
- Judul Formulir
- Soal
- Jawaban
Untuk nemabah butir soal, silakan klik  Tambah Item
Kerjakan sampai semua soal sudah di ketik baru lanjut ke bagian berikutnya

3. Konfirmasi
Pada bagian ini anda bisa melakukan sedikit pengaturan tentang hasil akhir dari soal yang anda buat


Bagikan soal online kepada murid

Nah inilah langkah terakhir agar soal yang anda buat bisa dikerjakan oleh para siswa. Ada dua opsi yang bisa digunakan yaitu dengan membagi link soal secara langsung pada googl plus, facebook, dan twitter atau meminta siswa langsung mengetikkan link pada addres bar browser (tapi tidak efektif karena link sangat panjagn dan sangat sulit diingat). Opsi kedua adalah dengan cara menyematkan soal pada web atau blog (jika anda sudah memiliki web atau blog).

Nah demikian cara membuat soal tes atau ujian online dengan menggunakan google drive. Semoga artikel ini bisa sedikti membantu para guru dalam mengembangkan keterampilan IT nya untuk memajukan pendidikan di sekolah masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top