Jumat, Desember 23, 2022

Cara Mudah Merubah Angka Menjadi Terbilang Huruf, Unduh Add On Terbilang Excel

Add on terbilang excel adalah fungsi untuk merubah angka mejadi terbilang huruf sangat berguna dalam pengerjaan sebuah administrasi keuangan. Misal ketika membuat sebuah kwitansi atau SPJ, dalam dokumen tersebut biasanya selain menyertakan anga, juga ada huruf terbilang. Dalam sebuah kwitansi biasanya selain ada angka rupiah juga ada tulisan dari angka rupiah tersebut, misal "seratus ribu rupiah".

Nah kalau teks dari nilai uang tersebut harus diketik secara manual tentu saja akan sangat merepotkan dan meyita waktu. Hal ini tidak perlu terjadi jika anda mengerjakan administrasi keuangan anda menggunakan microsoft excel, jangan menggunakan microsoft word lho ya. Hehe...

Selain mudah dalam membuat tabel-tabel untuk laporan, excel juga diperkaya dengan berbagai fungsi bahkan add in atau plugin. 

Plugin excel berfungsi untuk menambahkan fungsi custom, yaitu fungsi yang tidak ada dalam bawaan microfot excel. Misal fungsi terbilang, secara default tentu excel tidak memiliki fungsi ini. 

Oh ya, masih ada yang bingung gak sih dengan yang maksud fungsi disini. Oke, daripada ada yang bingung yang saya fungsi fungsi adalah rumus-rumus excel yang sudah umum digunakan seperti SUM, AVERAGE, VLOOKUP, HLOOKUP dan masih banyak lagi fungsi lainnya. 

Nah dalam merubah angka menjadi terbilang huruf, ada sebuah add in yang namnaya add in terbilang. Fungsi dari add in ini adalah merubah angka menjadi terbilang huruf dengan mudah, yaitu hanya dengan memanggilkan menggunakan fungsi =TERBILANG(CELL DIMANA ANGKA BERADA).

Cara Merubah Angka Menjadi Terbilang Huruf

Karena secara default fungsi terbilang tidak ada dalam excel, maka anda harus menambahkan add in terbilang ke dalam aplikasi excel anda. Maka ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

Download Add In Terbilang Excel

Siap, anda tidak perlu membua add in sendiri, karena add in-nya sudah tersedia. Tinggal download, pasang dan gunakan. Selain tidak perlu repot membuat kode VBA, dengan ad ini terbilanga aplikasi excel yang anda buat juga akan lebih ringan. Silakan anda downlod dan instal add in terbilang microsoft excel di sini.

Memasang Add In Terbilang Pada Excel

Setelah download, selanjutkan silakan anda pasang add ini pada aplikasi excel anda. Caranya, silakan bula aplikasi excel kemudian klik file, klik option, kemudian klik add in. Lihat gambar berikut 

Selanjutnya klik Go, anda akan dirahkan ke explorer, silakan cari dimana file add in terbilang yang sudah anda download, kemudian klik OK. Yes, add in terbilang sudha terpasang dengan sempurna, selanjutnya bagaimana nih cara menggunakannya.
 

Cara Menggunakan Add In Terbilang

Oke, sekrang microsoft excel anda sudah memiliki add in terbilang, maka selanjutnya untuk merubah angka menjadi teks atau tulisan cukup dengan menulis =terbilang(cell angka) contoh lihat screen shoot excel di bawah ini.


Keterangan fungsi terbilang :

=terbilang(B2;1) untuk merubah angka pada cell B2 menjadi teks dengan format huruf kapital semua
=terbilang(B3;2) untuk merubah angka pada cell B3 menjadi teks dengan format huruf kecil semua
=terbilang(B4;3) untuk merubah angka pada cell B4 menjadi teks dengan format huruf kapital di setiap awal kata
=terbilang(B5;4) untuk merubah angka pada cell B5 menjadi teks dengan format huruf kapital di awal kalimat saja

Nah itulah Cara Mudah Merubah Angka Menjadi Terbilang Huruf, sangat cepat dan mudah. Yang penting anda sudah menginstall add in terbilang pada microsoft excel anda. Dengan fungsi ini, pekerjaan anda yang berhubungan dengan angka-angka akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top