Senin, Maret 16, 2020

Waspada! Penjahat Cyber Menyebarkan "Virus Corona" ke Komputer Anda

Isu virus corona (virus korona) sudah menjadi isu dunia dan keprihatinan warga dunia juga. Kekhawatiran, kepanikan dirasakan oleh sebagian besar warga di berbagai negara. Informasi-informasi tentang virus corona hampir setiap detik menghiasi layar gadget bahkan layar komputer dan laptop. Mulai dari informasi asal-usul virus corona, seperti asal-usul virus corona yang berasal dari binatang sampai informasi asal usul virus corona berdasarkan teori konpirasipun menyebar via gadge seluruh dunia.

Otomatis, dengan merebaknya informasi virus corona ini warga di seluruh dunia semakin dihantui rasa takut. Ketakutan dan kekhawatiran ini dimanfaatkan oleh para penjahat cyber untuk bisa memancing di air yang keruh.
Virus Corona Komputer
Virus Corona Komputer

Artinya, para penjahat cyber ini mencoba mendapatkan kuntungan pribadi dari rasa takut yang dialami oleh banyak orang. Mereka para penjahat cyber ini menyerbakan virus via dokumen palsu dengan mendompleng info-info corona. Misal, info tentang mencegah virus corona, tips ampuh menangkal virus corona, ramuan obat alami untuk melawan cirus corona dan informasi lain yang bisa menarik perhatian banyak orang. Bukan hanya menarik perhatian, tapi memberikan kekuatan magis kepada calon korban untuk mengakses dokumen palsu yang disebarkan tersebut.

Penyebaran dokumen palsu yang mengandung virus jahat ini disebarkan via email, ataupun link unduhan lainnya. Harapan dari penyebar virus jahat ini jelas, para calon korban agar mengklik link yang mereka berika atau membuka dokumen palsu yang mereka berikan, dengan harapan virus jahat yang bersarang pada dokumen palsu tersebut langsung meinfeksi komputer dan mengambil alih kendali komputer dan gadget para korban.

Misi dari penyebaran virus jahat inipun beragam, mulai dari sekedar iseng, ingin merusak sistem komputer bahkan ada juga yang memang memiliki moduk finansial. Mereka mengincar data-data penting dari komputer dan gadget, seperti PIN, pasword dan info-info penting lainnya. Dengan menguasai data-data penting tersebut, maka sipelaku dengan mudah menguras apa saja yang dimiliki oleh si korban.

Nah, melihat kondisi seperti itu. Dalam keadaan takut dan khawatir bagaimanapun, anda harus tetap waspada. Jangan mudah mengklik link yang dianggap tidak krdibel, dan jangan sembarang membuka email, kecuali dari orang-orang yang memang anda kenal.

Ingat, mencegah lebih baik daripada megobati. Untuk mengobati komputer dan gadget yang sudah terinfeksi virus, tidaklah mudah. Bahkan ada komputer yang terinfeksi virus, meskipun sudah diinsal ulang dan format ulang hardiskya, ketika diinstal operating sistem baru, maka virus selalu muncul dan kembali menguasai komputer.

Informasi tentang virus corona pada komputer ini bukan isapan jempol belaka, Produk Kaspersky mendeteksi file terkait virus korona dengan nama-nama sebagai berikut:
Worm.VBS.Dinihou.r
Worm.Python.Agent.c
UDS:DangerousObject.Multi.Generic
Trojan.WinLNK.Agent.gg
Trojan.WinLNK.Agent.ew
HEUR:Trojan.WinLNK.Agent.gen
HEUR:Trojan.PDF.Badur.b

Oke, saya yakin anda tidak mau menambah kesusahan yang satu dengan kesusahan yang lain. Mengahadapi virus corona yang menyerang fisik saja sudah membuat rasa takut, jangan ditabmah dengan kesusahan baru karena data-data penting anda dicuri orang lain.

Kaspersky merekomendasikan siapapun untuk menghindari tautan mencurigakan, yang menjanjikan konten eksklusif. Rujuklah ke sumber resmi untuk memperoleh informasi yang sah dan dapat dipercaya.

Kaspersky menganjurkan siapapun untuk melihat lebih dulu ekstensi file yang diunduh. Dokumen dan file video seharusnya tidak dibuat dalam format .exe atau .lnk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top