Kamis, Agustus 04, 2016

Cara Mengatur Siswa Yang Tinggal Kelas atau Tidak Naik Kelas Dapodik 2016

Cara Mengatur Siswa Yang Tinggal Kelas atau Tidak Naik Kelas Dapodik 2016 | Cara mengatur siswa tidak naik kelas adalah kelanjutan dari pekerjaan sebelumnya meluluskan dan menaikkan peserta didik. Menaikan dan meluluskan peserta didik dengan menggunaakan menu action mengakibatkan operator sekolah tidak bisa menyeleksi siswa yang tidak naik kelas. Artinya, dengan menggunakan menu action semua siswa tanpa kecuali akan naik kelas. Padahal biasanya tidak semua peserta didik dalam satu kelas naik semua. Lalu bagaimana cara mengembalikan siswa tidak naik kelas ke kelasnya?

Setelah anda login dapodik 2016 atau setelah selesai menaikkan dan meluluskan peserta didik, sekarang lanjut dengan klik kelas atau Rombel yang terdapat siswa tidak naik kelas. Misal siswa kelas 5 ada yang tidak naik itu artinya siswa tersebut sudah ada di kelas 6 karena sudah dinaikkan, untuk mengembalikannya ke kelas 5 maka silakan klik Kelas 6 kemudian klik Anggota Rombel.


Setelah klik Anggota Rombel maka akan muncul seperti ini


Silakan anda klik nama siswa yang tidak naik kelas atau akan dikembalikan ke kelas sebelumnya, kemudian klik Keluarkan Anggota Rombel dan klik Keluarkan Dari Rombel. Aplikasi dapodik akan mengeluarkan pesan peringatan, jika sudah yakin klik Ya. Silakan anda tutup sehingga kembali ke daftar Rombel. Sekarang silakan klik atau pilih kelas 5 dan klik Anggota Rombel. Sehingga keluar seperti ini.

Lihat di kotak sebelah kanan, sekarang ada nama siswa yang tadi sudah dikeluarkan dari rombel kelas 6. Kemudian perhatikan pada jenis pendaftaran (kotak merah), pastikan anda pilih Mengulang. Setelah pilih jenis pendaftaran "mengulang" sekarang silakan klik and drag (klik dan tarik) siswa tidak naik kelas dari kotak kanan ke kiri.

Nah itulah cara mengatur siswa yang tinggal kelas atau tidak naik kelas pada dapodik 2016 yang saya share untuk saling mendukung sesama operator sekolah dalam mennyelesaikan pekerjaan pokoknya. Semoga tips trik aplikasi dapodik yang saya share bisa membantu pekerjaan para operator sekolah di seluruh Indonesia.

1 komentar:

  1. terus kalau siswa yang naik secara otomatis bgmna bisa di kembalikan ke kelas bawah karena di tdk naik kelas?

    BalasHapus

Resep Buat Kamu

Back To Top