Senin, Oktober 17, 2016

Tips Mempercepat Kinerja Windows 10

Tips Mempercepat Kinerja Windows 10 | Bagi yang sudah menggunakan windows 10, mungkin sudah bisa merasakan performa dari windows 10 yang lebih baik dibanding pendaulunya windows 8. Menurut saya windows 10 merupakan perpaduan antara performa windows 7 dan tampilan elegan dari windows 8. Jadi, bagi pengguna windows 10 akan mendapatkan kinerja yang baik, stabilitas sistem yang bisa diandalkan dan sekaligus menikmati tampilan grafis yang elegan, keren dan modern.

Bagaimana dengan kecepatan windows 10?

Menurut saya, asal spesifikasi mencukupi maka windows 10 bisa berjalan dengan normal dan cepat. Saya menggunakan laptop dengan processor Core i5 dengan RAM 2GB saja windows 10 sudah berjalan dengan sangat ringan, apalagi kalau anda menggunakan processor i7 dengan RAM diatas 2GB, misal 4GB atau 8GB.

Apakah windows 10 hanya mampu berjalan pada processor i series saja?

Tidak, saya sudah sering menginstal windows 10 pada processor dual core, core to 2 dengan RAM 2G juga bisa berjalan dengan normal, cepat dan ringan. Jadi, tidak halangan bagi anda yang masih menggunakan procesor dual core dan core to 2 untuk mengupgrade sistem operasi anda ke windows 10. Namun tentu saja, hardisk juga harus mencukupi untuk instal windows 10. Paling tidak anda memiliki ruang bebas sebesar 10 GB untuk sistem operasi windows 10, belum lagi untuk aplikasi-aplikasi lainnya. Maka minimal anda harus memiliki hardisk dengan kapasitas 80GB.

Apakah spesisifikasi dibawah itu bisa untuk windows 10?

Kalau processor dibawah core to 2 dan RAM dibawah 2GB saya tidak bisa mengatakan bisa atau tidak,  karena saya belum pernah menginstal windows 10 dengan spesifikasi dibawah itu. Kalau menginstal windows 10 pada hardisk dengan kapasitas 20 GB yang dibagi menjadi 2 partisi, 10 GB utnuk sistem dan 10 GB untuk data pernah dan bisa berjalan meskipun saya harus melakukan penghematan hardisk pada drive C, misal menginstal sebagian aplikasi pada drive D.

Bagaimana agar windows 10 bisa berjalan dengan cepat?

Windows 10 sebenarnya merupakan sistem operasi yang sudah memiliki kinerja cepat, tapi jika diperjalanan waktu mengalami masalah misal windows 10 yang menjadi lemot atau lambat maka anda bisa melakukan hal-hal berikut.

5 Tips Untuk Mempercepat Windows 10


Matikan Aplikasi Yang Menyedot Memori

Mungkin anda adalah orang yang suka menginstal banyak aplikasi di komputer atau laptop, dan tanpa sadar ada aplikasi yang jika berjalan akan menyedot RAM secara boros. Misal yang sering menyedot RAM dengan boros adalah mozila firefox. Jika dalam waktu tertentu windows 10 mendadak lemot kemungkinan ada aplikasi yang menyedot memori. Untuk mengetahui aplikasi mana yang menyedot memori paling banyak silakan buka task manager. Caranya silakan klik kanan pada task bar dan pilih Task Manager.


Cari aplikasi yang menyedot memori paling banyak. Untuk memudahkan silakan klik pada header kolom memroy sehingga angka yang paling besar akan berada di atas. Nah silakan matikan terlebih dahulu aplikasi yang menyedot memori paling banyak. Caranya, klik pada aplikasi yand dimaksud kemudian klik End Task. Jika masih dibutuhkan silakan jalankan kembali.

Matikan Aplikasi Yang Berjalan di System Tray

Mungkin anda tidak tahu ada aplikasi yang berjalan di sistem tray. Aplikasi ini biasanya berjalan secara otomasi pada saat windows melakukan startup. Misal apliaksi anti virus, updating sistem dan lainnya. Periksa apakah ada aplikasi yang tidak penting berjalan di sistem tray. Jika anda silakan matikan. Yang penting berjalan dan sebaiknya jangan dimatikan adalah Windows Defender, aplikasi VGA, selain itu silakan pilih yang tidak penting kemudian matikan. Caranya klik kanan kemudian klik Exit.


Pilih Aplikasi Yang Berjalan Otomatis Pada Startup

Aplikasi yang berjalan saat startup selain membuat windows menjadi lemot juga membuat lambat saat loading. Silakan anda masuk ke task manager kembali dengan cara klik kanan pada Task Bar, kemudian klik Task Manager, kemudian pilih tab Startup
Sdilakan pilih aplikasi-aplikasi yang tidak ingin berjalan pada startup. Caranya klik pada aplikasi yang tidak diinginkan kemudian klik Disable.

Bersihkan Hardisk Dari File-File Sampah

Setelah lama digunakan, hardisk akan dipenuhi oleh file-file sampah seperti recent file, necesary file dan temporary file. Untuk membersihkan system operasi dari file-file sampah dengan mudah anda bisa menggunakan CCleaner. Dengan tool kecil ini anda bisa membersihkan temporary file, history, cookies, cache, temporary documents, recent documents, dan berbagai hal lainnya. Selain membersihkan PC dari sampah yg tidak berguna, CCleaner juga bisa melindungi privasi kamu.

Scan Windows 10 Dengan Windows Defender Secara Berkala

Windows 10 sudah dilengkapi denan anti virus terbaik yaitu windows defender. Anti virus ini diklaim sebagai anti virus terbaik dari windows sehingga anda tidak direkomendasikan untu menginstal anti virus tambahan. Jika anad menginstal anti virus lainnya, maka justru akan berakibat pada menurunnya kinerja windows 10.

Silakan lakukan scan secara berkala menggunakan windows defender. Dengan melakukan scan secara berkala maka windows 10 akan bersih dari berbagai sofware yang tidak diinginakan yang terkadang memberatkan sistem. Seperti misal malware, spyware, adware dan virus-virus lainnya.

Nah itulah tips mempercepat kinerja windows 10 yang bisa anda lakukan jika mengalami windows 10 mengalami penurunan kinerja. Jika dirasa masih berjalan dengan lancar, biarkan saja windows 10 berjalan seperti biasanya. Berdasarkan pengalaman saya, dengan melakukkan scan secara berjala dengan windows defender saja, windows 10 masih tetap bisa berjalan dengan normal dan ringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top