Komputer atau Laptop Tidak Bisa Loading? Ini Tips Ampuh Memperbaikinya

Komputer atau Laptop Tidak Bisa Loading? Ini Tips Ampuh Memperbaikinya | Komputer atau laptop dengan sistem operasi windows terkadang sering mengalami masalah saat loading
atau login. Masalah yang terjadi misal komputer atau laptop gagal booting hanya sampai pada layar hitam dengan tanda kursor seperti akan mengetik pada DOS (CMD) atau sampai pada Windows Starting tapi kemudian restart kembali dan itu terjadi terus menerus (restart berulang-ulang) atau sering disebut boot loop.

Masalah komputer atau laptop tidak bisa loading atau gagal loading semacam ini tentu membuat pusing tujuh keliling. Mungkin anda berpikir akan menginstal ulang komputer? Stop!!! Jangan instal ulang dulu komputer atau laptop anda. Sebaiknya anda lakukan sedikit tips sederhana untuk memperbaiki windows gagal loading seperti yang akan saya bahas di bawah ini.

Memperbaiki komputer tidak bisa loading bisa dilakukan dengan tanpa instal ulang, yaitu dengan cara melakukan perbaikan bootloader. Caranya juga sangat sederhana dan cepat. Syarat utamanya anda memiliki CD/DVD atau Flasdisk Instalasi Windows. Lho kok menggunakan instalai windows? Katanya tanpa instal ulang?

Oke, CD/DVD instalasi windows tersebut hanya digunakan untuk membantu anda masuk ke repaire windows, bukan untuk melakukan instal ulang windows. Caranya silakan anda boot komputer atau laptop anda dari CD/DVD atau dari FDD, masukkan CD/DVD atau FDD instalai windows dan lakukan layaknya anda akan menginstal windows. Namun setelah muncul layar seperti di bawah ini, jangan klik Install Now tapi silakan anda klik Repair yout computer.



repaire yout computer without reinstall

Pada layar selanjutnya seperti dibawah ini, silakan langsung anda klik Next
memperbaiki komputer atau laptop tidak bisa loading

Pada tahap berikutnya akan muncul pilihan perbaikan windows seperti di bawah ini. Silakan anda pilih atau klik Command Prompt.
memperbaiki komputer atau laptop tidak bisa loading

Selanjutnya pada Command Prompt silakan anda ketikkan perintah berikut :
bootsect.exe/nt60 c:
perintah tersebut untuk mengupdate bootcode pada drive C (sistem), untuk mengeksekusi perintah tersebut silakan klik enter. Command prompt akan menampilkan pemberitahunan bahwa upadate bootcode sudah berhasil. Silakan Exit (keluar) dan restart komputer atau laptop anda. Dengan cara ini saja biasanya komputer atau laptop akan langsung normal kembali. Namun jika masih mengalami masalah silakan anda lakukan ulang langkah-langkah di atas, namun perintahnya ganti dengan perintah berikut:
bootsect.exe/nt60 all

perintah di atas untuk melakukan update bootcode pada semua drive yang ada pada komputer.

silakan exit dan restar kembali komputer atau laptop anda. Mudah-mudahan dengan cara di atas, komputer atau laptop anda kembali bisa masuk windows dengan normal. Selama ini, saya selalu melakukan tips ini jika mengalami masalah komputer atau laptop tidak bisa loading dan alhamdulillah berhasil (sukses).
Comments
0 Comments

0 Response to "Komputer atau Laptop Tidak Bisa Loading? Ini Tips Ampuh Memperbaikinya"

Poskan Komentar