Mau Kuliah Gratis? Dapatkan Beasiswa dan Uang Saku Dari Pertamina

Mau Kuliah Gratis? Dapatkan Beasiswa dan Uang Saku Dari Pertamina | Mungkin di banyak diantara kita bahwa Pertamina memiliki sebuah program untuk memberikan biaya kuliah kepada anak negeri dalam bentuk beasiswa. Tidak hanya beasiswa untuk biaya kuliah, tapi juga untuk biaya hidup. Biaya kuliah sebesar Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah) persemester dan biaya hidup sebesar Rp. 500.000 (lima ratus ribu rupiah) per bulan.

Beasiswa dari Pertamina ini disebut Beasiswa Pertamina Sobat Bumi. Yaitu program beasiswa dari Pertamina Foundation yang peruntukan bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan jenjang S1 di Perguruan Tinggi. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi ini dikhususkan untuk mahasiswa kurang mampu dan mahasiswa berprestasi yang mempunyai kepedulian serta berkontribusi positif terhadap pelestarian lingkungan dan pemberdayaan sosial kemasyarakatan.

Oleh sebab itu, bagi mahasiswa dengan kelas ekonomi terbilang mampu dan ingin mendapatkan beasiswa sobat bumi dari Pertamina harus memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan memberdayakan sosial masyarakat. Khusus untuk mahasiswa kurang mampu, untuk mendapatkan beasiswa sobat bumi harus dapat memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh pertamina sobat bumi.

Baca Juga : 3 Beasiswa Agar Bisa Kuliah Dengan Gratis

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa Beasiswa Pertamina dibedakan menjadi Beasiswa Pertamina Sobat Bumi dan Beasiswa Pertamina Inspirasi Indonesia Timur.

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi diberikan bagi mahasiswa yang kuliah di Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia Tengah dan Indonesia Barat yang menjadi Mitra Beasiswa Pertamina Sobat Bumi. Sedangkan Beasiswa Pertamina Inspirasi Indonesia Timur diberikan bagi mahasiswa yang kuliah di Perguruan Tinggi di Indonesia Timur yang menjadi mitra Beasiswa Pertamina Inspirasi Indonesia Timur.

Pertamina secara resmi membuka pendaftaran Beasiswa Sobat Bumi ini setiap tahun dan pendaftaran antara bulan Oktober sampai dengan bulan Desember setiap tahunnya. Jadi, silakan anda catat dan ingat-ingat informasi penting ini, sehingga pada bulan Oktober sampai Desember 2017 nanti, anda sudah siap untuk mendaftar di situs resmi pendaftaran Beasiswa Pertamina Sobat Bumi yaitu http://beasiswa.pertaminafoundation.org

Baca Juga : Beasiswa Kuliah Gratis di Autralia

Beasiswa Bantuan Uang Kuliah Dari Pertamina

A. Bantuan Uang Kuliah dan Uang Saku

Jika anda lolos seleksi pendaftaran Beasiswa Pertamina Sobat Bumi, maka anda akan mendapatkan  beasiswa yang diberikan berupa
1. bantuan biaya kuliah (UKT) maksimal Rp 5.000.000,00 / semester
2. bantuan biaya hidup Rp. 500.000,00 / bulan. 

Selain itu, penerima beasiswa akan mendapatkan dukungan untuk kegiatan Aksi Sobat Bumi dan mendapatkan Training Peningkatan Kapasitas yang dilakukan secara regular.

B. Tempat Kuliah Yang Disediakan
Anda berhak memilih salah satu tempat kuliah dari 15 tempat kuliah yang disediakan oleh Pertamina, yaitu sebagai berikut :
  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Institut Teknologi Bandung
  3. Universitas Indonesia
  4. Universitas Airlangga
  5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  6. Universitas Mulawarman
  7. Institut Teknologi Kalimantan
  8. Universitas Sumatera Utara
  9. Universitas Syiah Kuala
  10. Universitas Sriwijaya
  11. Universitas Jenderal Soedirman
  12. Institute Pertanian Bogor
  13. Universitas Diponegoro
  14. Universitas Brawijaya
  15. Universitas Hassanudin
B. Syarat Pendaftaran Umum
  1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau identitas lain yang sah dan masih berlaku.
  2. Terdaftar sebagai mahasiswa / mahasiswi aktif atau tidak dalam masa cuti dari Perguruan Tinggi Negeri mitra PF, dibuktikan dengan scan/ foto Kartu Mahasiswa.
  3. Mahasiswa pada semester berikut :
    • Mahasiswa S1 Semester V (lima). 
    • Untuk mahasiswa Indonesia Timur yaitu mahasiswa S1 Semester III (tiga).
  4. IPK dengan ketentuan :
    • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada saat pendaftaran minimal 3.00 (skala 4,00), dibuktikan dengan scan/ foto dokumen IPK yang diterbitkan pihak berwenang / fakultas/ universitas).
    • Untuk mahasiswa Indonesia Timur, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada saat pendaftaran minimal 2.75 (skala 4,00), dibuktikan dengan scan/ foto dokumen IPK yang diterbitkan pihak berwenang / fakultas / universitas).
  5. Tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang/narkoba dan tindak kriminal lainnya, didukung dengan surat pernyataan bermaterai.
  6. Mengisi formulir pendaftaran online pada  beasiswa.pertaminafoundation.org.
  7. Bersedia menjalani proses seleksi yang diselenggarakan oleh Pertamina Foundation.
  8. Melampirkan / mengirimkan dokumen yang dipersyaratkan / dibutuhkan.
C. Syarat Pendaftaran Khusus
  1. Menulis dan mengirim karya tulis dalam bentuk essay, dengan ketentuan:
    • Ditulis dalam 4 halaman kertas ukuran quarto (A4) dengan jarak antar baris 1,5 spasi. Tulisan disertai dengan foto kegiatan minimal 2 buah foto. 
    • Tema tulisan "Aksi Untuk Pelestarian Lingkungan Negeriku"
    • Substansi essay mengutamakan pemanfaatan sumber daya lokal/ teknologi rendah, berkontribusi positif terhadap lingkungan, mempunyai dampak meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
  2. Tidak sedang menerima beasiswa dari organisasi lainnya (Mengirimkan surat pernyataan diri tidak sedang menerima beasiswa lain. Surat Keterangan Asli & copy dari  fakultas/ jurusan/ bagian akademik perihal tidak sedang menerima beasiswa dibawa pada saat seleksi wawancara).
  3. Aktif dalam organisasi/ aksi sosial atau lingkungan, dibuktikan dengan melampirkan scan/ foto surat rekomendasi dari tokoh / pengurus / pelaku organisasi lingkungan hidup, dan atau organisasi sosial kemasyarakatan.
  4. Bagi mahasiswa yang memiliki keterbatasan secara ekonomi agar melampirkan scan/ foto surat keterangan tidak mampu dari Desa/ Kelurahan.
  5. Melampirkan scan/ foto Kartu Keluarga (KK).

F. Tata Cara Pendaftaran Beasiswa Pertamina Sobat Bumi
  1. Buka alamat : http://beasiswa.pertaminafoundation.org
  2. Klik tombol tombol Regisrasi di bagian atas atau tombol Daftar di bagian paling bawah
  3. Selanjutnya isi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar
  4. Jika telah mengisi formulir dengan lengkap dan benar, silahkan klik submit
  5. Selanjutnya tunggu konfirmasi melalui email anda yang isinya berupa username dan password
  6. Setelah itu, login ke Aplikasi Beasiswa Sobat Bumi dengan menggunakan username dan password
  7. Silahkan melengkapi formulir dan dokumen pendaftaran, merubah profil dan lain-lain sesuai kebutuhan
  8. Setelah mengisi lengkap data tersebut, klik tombol save
  9. Selanjutnya akan mendapat email pemberitahuan untuk mengikuti seleksi selanjutnya yaitu Proses Wawancara beserta membawa berkas yang dibutuhkan
Beasiswa Pertamina Inspirasi Indonesia Timur pendaftaran dilakukan melalui alamat http://beasiswaiit.pertaminafoundation.org/ dengan tata cara yang mirip tata cara di atas.

G. Tahapan Seleksi

Penerimaan Beasiswa Pertamina Sobat Bumi meliputi tiga tahap seleksi yaitu seleksi administrasi, seleksi substansi dan seleksi wawancara.

H. Jadwal Pendaftaran
  • Pendaftaran dibuka sekitar bulan Oktober hingga November

Perguruan Tinggi Mitra Beasiswa Pertamina Inspirasi Indonesia Timur
  1. Universitas Cenderawasih
  2. Universitas Pattimura Ambon 
  3. Universitas Teknologi Sumbawa

Nah demikian informasi penting tentang beasiswa pertamina sobat bumi, silakan anda simpan dan ingat informasi ini. Silakan share kepada teman, saudara, sahabat, keluarga yang sekiranya ada anaknya yang ingin kuliah tapi tapi terhambat biaya atau karena memang ingin bergabung dengan Pertamina Sobat Bumi. Dengan bergabung dengan program Pertamina Sobat Bumi, anda bisa kuliah gratis plus dapat uang saku setiap bulannya. Wow, sangat menyenangkan.
Comments
0 Comments

0 Response to "Mau Kuliah Gratis? Dapatkan Beasiswa dan Uang Saku Dari Pertamina"

Posting Komentar