Cara Update Aplikasi Dapodik 2017 Semester 2 (Genap)

Cara Update Aplikasi Dapodik 2017 Semester 2 (Genap) | Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud RI resmi merilis pembaruan untuk aplikasi dapodik 2017 pada tanggal 20-04-2017. Untu itu, wajib bagi semua operator sekolah di seluruh Indonesia untuk mengupdate aplikasi dapodik 2017 ke versi terbaru yaitu Dapodik 2017b.

Ada beberapa pembaruan dan perubahan pada aplikasi dapodik 2017b, diantaranya :
  1. [Pembaruan] Penambahan Menu untuk menginput nilai rapor peserta didik
  2. [Pembaruan] Penambahan tombol untuk memasukan prefill anggota rombel terdahulu
  3. [Perbaikan] Pembukaan pembuatan akun PTK untuk Non Induk
Operator sekolah di seluruh Indonesia baik sekolah dasar maupun menengah wajib aplikasi dapodik 2017 ke versi terbaru yaitu dapodik 2017b. Selain karena ada perubahan seperti yang sudah disebutkan di atas aplikasi dapodik 2017b juga menjadi sumber data pada semester 2 tahun 2016/2017. Jadi, kalau tidak menguupate ke versi 2017b semua hal yang berkaitan dengan kebutuhan sekolah pada semseter 2 (genap) akan terhambat. Misal pencairan dana BOS, pencairan berbagai macam tunjangan guru, pencairan dana PIP dan lain-lainnya.

Cara Update Aplikasi Dapodik 2017b

Untuk mengupdate aplikasi dapodik bisa dilakukan secara online maupun ofline. Jika anda akan melakukan update secara online, silakan masuk ke menu pengaturan, kemudian klik cek pembaruan
Aplikasi akan secara otomatis mengunduh updater dan menginstalnya. Tunggu beberapa saat sampai ada konfirmasi update selesai. Setelah selesai silakan anda refresh (CTRL + F5) browser internet anda.

Berdasarkan pengalaman saya, update dengan cara ini lumayan lama bahkan gagal. Maka cara yang paling mudah adalah dengan mengunduh file updater dan menginstallnya secara ofline. Silakan anda unduh updater dapodik 2017 di sini. File berukuran 3,1MB kalau koneksi internet anda cepat, tidak membutuhkan waktu lama untuk mengunduh file exe ini.

Setelah download selesai selanjutkan silakan anda klik dua kali file Patch_Dapodik_2017b.exe, jika ada konfirmasi dari windows 7 langsung aja klik RUN. Selanjutkan klik Next dan Next sampai selesai. Tidak membutuhkan waktu lama, kurang dari 2 menit update aplikasi dapodik 2017 sudah selesai.

Silakan anda buka aplikasi dapodik anda, dan anda login pada dapodik 2017 semester 2
Setelah login anda akan mendapatkan menu baru pada sebelah kiri, lihat screen shoot berikut.
Itulah pembaruan penambahan menu baru pada aplikasi dapodik 2017b, yaitu menu untuk input nilai raport dan nilai US peserta didik. Tapi, untuk operator sekolah dasar masih bisa bernafas lega karena menu tersebut belum mengakomodir input nilai tingkat sekolah dasar. Artinya, operator sekolah dasar belum memiliki kewajiban untuk menginput nilai raport setiap peserta didik yang di sekolahnya. Entah untuk tahun berikutnya.
Comments
0 Comments

0 Response to "Cara Update Aplikasi Dapodik 2017 Semester 2 (Genap)"

Posting Komentar