Selasa, November 10, 2015

Panduan Lengkap Cara Instal dan Registrasi Aplikasi Dapodik PAUD Tahun 2015

Panduan Lengkap Cara Instal dan Registrasi Aplikasi Dapodik PAUD Tahun 2015 - Aplikasi dapodik sebelumnya hanya digunakan pada satuan pendidikan dasar dan menengah saja, namun pada tahun 2015 ini satuan pendidikan terendah PAUD juga menggunakan aplikasi dapodik sebagai alat penunjang manajemen sekolah. Aplikasi dapodik ini sangat berguna dalam melakukan pendataan dan pelaporan terkait keadaa sekolah. Seperti keada siswa, keadaan guru, keadaan sarpras dan lain sebagainya.

Aplikasi DAPODIK menjadi suatu yang sangat penting dalam sebuah sekolah, karena berdasarkan data dari dapodik inilah pemerintah memutuskan sebuah kebijakan terkait dengan sekolah tersebut, seperti misal anggaran BOS, tunjangan guru, beasiswa dan anggaran pembangunan atau rehab sekolah. Maka, sangat penting bagi sekolah untuk menyajikan data yang benar pada aplikasi dapodik.

Pada tahun 2015, hal ini juga kini berlaku untuk sekolah PAUD dengan ditandai dikeluarkannya aplikasi dapodik PAUD-DIKMAS V.1.1.2. Semua sekolah PAUD di Indonesia, sekarang harus menggunakan aplikasi dapodik untuk pendataan dan pelaporan. Silakan instal aplikasi dapodik PAUD-DIKMAS V.1.1.2 di komputer atau laptop anda.

Cara Instal Aplikasi Dapodik PAUD Tahun 2015


1. Harus memiliki komputer atau laptop (hehehe)
2. Download installer Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS V.1.1.2 di sini
3. Download prefill dapodik paud di sini dengan memasukkan kode registrasi klik OK
4. Masukan prefill Dapodik, yang sudah didownload pada C://prefill_dapodik
5. Selanjutnya, lakukan instalasi seperti biasa, klik lanjut lanjut saja sampai finish.
cara instal dapodik paud

Setelah proses instalasi selesai, selanjutnya adalah melakukan registrasi. Agar lebih jelas, silakan anda download juknis DAPODIK PAUD-DIKMAS di sini.

Cara Registrasi Dapodik PAUD

Setelah selesai instalasi dapodik, langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi. Tujuan registrasi ini adalah untuk membuat akun dapodik sekaligus mengunggah database dari perefill dapodik ke database aplikasi dapodik. Sebelum melakukan registrasi pertama (registrasi selanjutnya jika instal ulang tidak perlu), pastikan laptop terhubung ke internet, hal karena pada saat registrasi juga sekaligus membuat akun dapodik online.
1. Buka aplikasi dapodik anda, atau buka browser internet (mozila, spark, chrome) dan buka alamat http://localhost sehingga nampak gambar seperti ini

2. Klik Registerasi
3. Isi semua data yang diminta

4. Klik tombol kirim, registrasi akan berjalan seperti gambar dibawah ini.


5. Tunggu sampai proses registrasi 100% setelah itu klik tombol OK
6. Selanjutnya silakan login menggunakan email dan paswor yang telah digunakan pada saat registrasi
7. Silakan isi semua data yang ada, selamat bekerja

Nah demikian panduan lengkap cara install dan registrasi aplikasi dapodik PAUD tahun 2015, semoga tulisan ini bisa membantu para operator dapodik di tingkat PAUD. Jika, ada kendala jangan pernah ragu apalagi malu untuk bertanya kepada operator dapodik sekolah lain. Saling kerjasama dan saling membantu sesama operator sekolah adalah kunci untuk menyajikan data secara cepat dan valid. Jangan lupa untuk selalu mengupdate informasi dari situs resmi paud di http://paudni.kemdikbud.go.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top