Sabtu, Juli 09, 2016

Cara Membuat Lapran BOS Online 2016 Terbaru

Cara Membuat Lapran BOS Online 2016 Terbaru | Membuat laporan BOS online terbaru ini merupakan update terbaru  cara membuat laporan BOS online yang sudah sesuai dengan form terbaru BOS online yang disediakan oleh kemdikbud pada situs BOS online (http://bos.kemdikbud.go.id). Ada sedikit perubahan yang terjadi pada cara pembuatan laporan BOS online 2016 dengan laporan BOS online 2015.

Perubahan-perubahan tersebut lebih kepada proses login, tampilan situs dan form laporan BOS online. Misal pada login, anda bisa langsung login dengan menggunakan akun dapodik (email dan pasword dapodik), sedangkan di tahun 2016 ada pilihan lain yaitu login dengan kode registrasi dapodik. Setelah berhasil login anda akan langsung dihadapkan pada lembar laporan yang bisa mengedit dan menambahkan laporan triwulan, berbeda dengan laporan BOS online 2015 anda harus klik dulu menu Laporan Penggunaan Dana. Itu artinya ada satu langkah yang dilewati dalam laporan BOS online 2016. Pada form lapoan BOS online 2016 juga mengalami sedikit perubahan, yaitu perubahan pada tata letak sedangkan item laporan masih sama dengan tahun 2015 yaitu ada 13 item yang harus diisi.

Baca Juga : Memahami Perbedaan Buku Kas Umum (K3) dan Buku Pembantu Kas (K4)

cara membuat laporan BOS online 2016 terbaru


Nah agar lebih jelas tentang cara membuat laporan BOS online 2016 terbaru, silakan langung aja deh praktik laporan BOS online 2016 triwulan II. Karena memang laporan BOS online triwulan II sudah ditagih tuh oleh kantor dinas pendidikan setempat.

Cara Membuat Laporan BOS Online Terbaru
1. Silakan masuk ke situs BOS online (http://bos.kemdikbud.go.id)
2. Silakan anda login dengan akun dapodik anda dengan klik pada tanda seperti gambar berikut yang ada pada sidebar sebelah kiri.
Baca Juga : Cara Mengerjakan Laporan BOS Dengan Aplikasi ALPEKA

3. Silakan masukkan email dan pasword dapodik anda, kemudian klik login
cara membuat laporan BOS online 2016 terbaru

4. Anda berhasil login dan akan menemukan tampilan seperti berikut
cara membuat laporan BOS online 2016 terbaru

Jika anda sudah membuat laporan BOS online triwulan I maka anda akan mendapati daftar laporan. Di sini anda bisa mengedit laporan yang sudah ada dan bisa menambahkan laporan BOS triwulan berikutnya. Sekarang saya fokus pada cara membuat laporan BOS online, bukan cara mengedit laporan BOS online. Untuk itu silakan klik Tambah (dalam kotak merah).

5. Isi Form Laporan BOS Online Terbaru
Sekarang perhatikan form laporan BOS online terbaru seperti di bawah ini.
cara membuat laporan BOS online 2016 terbaru

Tahun sudah otomatis terisi dengan tahun anggaran yang sedang berjalan dan tidak bisa diubah. Silakan langsung aja untuk memilih triwulan berapa BOS yang akan anda laporkan. Pada kotak Dana silakan masukkan jumlah dana yang diterima dalam triwulan bersangkutan. Kemudian ke bawahnya silakan isi rincian pengeluaran yang sesuai dengan real terjadi di sekolah masing-masing. Masih ada 13 item laporan, namun tidak wajib semua diiisi, semuanya sesuai dengan real pengeluaran.

Setelah form laporan BOS online terbaru terisisi, silakan klik PROSES.
Selesai........

Baca Juga : Cara Membuat Laporan BOS Online Terbaru (Perubahan Web)

Laporan BOS online terbaru 2016 sudah selesai sehingga anda bisa melihat pada dasboard laporan BOS online anda laporan yang sudah diproses.

Demikian cara membuat laporan BOS online 2016 yang bisa saya share untuk anda para operator sekolah, para bendahara sekolah, para kepala sekolah atau siapa saja yang bertanggung jawab terhadap pelaporan penggunaan dana BOS di sekolah anda. Jika anda merasa ini bermanfaat, silakan share ke sesama operator sekolah, bendahara sekolah atau sesama guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top