Selasa, Agustus 08, 2017

8 Cara Merangsang Kecerdasan Otak Anak Yang Bisa Dilakukan di Rumah

8 Cara Merangsang Kecerdasan Otak Anak Yang Bisa Dilakukan di Rumah - Bunda harus tahu nih, bahwa kecerdasan anak tidak 100% dipengaruhi oleh keturunan atau genetik, tapi juga ada unsur X yang mendukung kecerdasan anak. Kecerdasan anak juga tidak hanya diukur dari kemampuan akademik saja, tapi ada banyak kecerdasan lain yang dimiliki oleh anak. 

Yang perlu disadari oleh bunda adalah, setiap anak pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Misal, ada anak yang nilai akaemik biasa-biasa saja tapi dia unggul dibidang lain, misal unggul dibidang seni, unggul dibidang atletik dan lainnnya. Jadi, tidak perlu untuk memaksakan anak agar cerdas pada bidang tertentu padahal anak tersebut memang kurang cerdas dalam bidang yang dimaksud.

Namun meskipun demikian, bukan berarti kita sebagai orang tua hanya pasrah begitu saja. Tetepa ada usaha untuk mengarahkan anak agar sampai pada kemampuan maksimalnya. Nah, kaitannya dengan kecerdasan anak, maka bunda bisa menstimulasi atau merangsang kecerdasan anak agar lebih bisa optimal. Bagaimana caranya? Yuk, kita pelajari bersama cara merangsang kecerdasan otak anak sejak dini. Tips ini bisa dilakukan budan sejak anak baru lahir. Penasaran? Silakan baca sampai tuntas.

8 cara merangsang kecerdasan otak anak

1. Berikan bayi pijatan yang lembut dan santai
Secara tidak disadari sentuhan lembut tangan ibu ternyata bisa merangsang kecerdasan otak anak. Maka jangan ragu untuk memberikan pijatan lembut pada buah hati buna. Rangsangan dari tangan bunda akan menstimulasi saraf-saraf otak sehingga terhubung satu sama lain.

2. Lakukan senam bayi sederhana
Yuk, coba bunda ajari si buah hati senam. Bukan senam aerobik lho..... hehehe.....
Bunda bisa membantu bayi bunda untuk menggerak – gerakan tangan secara menyilang dan gerakan kaki seperti mengayuh sepeda juga dapat memberi stimulasi untuk otak anak. Lakukan gerakan tersebut beberapa kali dan jangan terlalu lama.

3. Ajak bayi untuk berbicara
Terkadang seorang bunda seperti orang gila ya, ngobrol sama bayi yang belum bisa berkomunikasi. Eit, jangan salah ternyata mengajak bayi berkomunikasi meskipun si buah hati belum bisa ngomong bisa merangsang kecerdasan otak anak. Denga sering mengajak si buah hati berbiacara, maka kecerdasan sosialnya akan terasah secara dini.

4. Bersenandung untuk anak setiap hari
Suara-suara dengan tangga nada tertentu ternyata bisa merangsang kecerdasan otak anak, maka ada ahli yang menganjurkan agar kecerdasan anak distimulasi dengan lantunan lagu klasik. Nah, sebenarnya bisa juga menyanyikan lagu-lagu dengan nada lembut untuk sibuah hati. Untuk ibu yang beragama muslim, sangat dianjurkan untuk melantunkan ayat-ayat suci al-quran setiap hari bersama si buah hati. Selain untuk merangsang kecerdasan anak secara umum, ini juga  bisa meningkatkan daya hafal anak.

5. Berikan buku gambar dengan warna-warni kontras
Tips ini cocok untuk anak usia 1 tahun ke atas, untuk merangsang kecerdasan anak dengan usia 1 tahun ke atas salah satunya bisa dengan memberikannya buku bergambar dengan warna – warna yang kontras namun jangan langsung dihadapkan dengan dua gambar yang berbeda agar anak tidak bingung.

6. Berikan sudut pandang yang berbeda
Untuk anak yang belum bisa bergerak dengan sendirinya, bunda bisa memindahkan posisi anak setiap 30 menit sekali agar anak dapat melihat benda – benda yang ada disekelilingnya dengan sudut pandang yang berbeda.

7. Berikan anak benda – benda atau maian yang bertekstur
Cara ini untuk merangsang indera perabanya, selain itu beri juga anak gigitan bayi yang aman supaya ia juga mengenal tekstur dari lidahnya. Ajak anak bermain rattle untuk melatih pendengaranya, pindah – pindahkan posisi rattle agar bayi dapat menentukan dimana asal sumber bunyinya.

8. Ajak anak pergi keluar rumah 
Bunda, jangan di rumah aja. Yuk ajak si buah hati jalan-jalan. Saya yakin bunda juga suka jalan-jalan, maka tidak berbeda dengan budan, anak juga suka jalan-jalan. Dengan jalan ke luar rumah seperti ke taman atau mengunjungi saudara, maka anak akan menemukan banyak hal baru. Hal ini akan merangsang kecerdasan otak anak secara maksimal. 

Nah itulah 8 cara merangsang otak anak yang bisa bunda lakukan sendiri di rumah. Tidak perlu mendatangkan ahli, kecuali kalau memang karena keadaan khusus bunda membutuhkan bantuan ahli, maka silakan panggil seorang ahli. Selama masih bisa dilakukan sendiri, silakan lakukan sendiri. Ingat, kedekatan hati bunda dengan si buah hati jauh lebih baik dibanding dengan materi yang diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top