Sebelum anda download, silakan simak dulu contoh RPP yang ada dalam file yang saya share :
A. INFORMASI UMUM
1. Identitas Modul
Sekolah : Jenjang Sekolah : SD/MI
Fase/Kelas : B/IV
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu : 26 JP
2. Kompetensi Awal
Sebelum mempelajari materi ini, diharapkan peserta didik sudah memiliki pengetahuan tentang cara membayar (tujuan dan pesan penulis cerita, menggunakan informasi dari beragam sumber, tanda baca, teks prosedur).
3. Profil Pelajar Pancasila
Profil pelajar Pancasila yang diharapkan dalam modul ajar ini dapat membentuk peserta didik yang bergotong royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri.
4. Sarana dan Prasarana
a. Sarana : laptop, proyektor/LCD, papan tulis, speaker, dan sarana lain yang relevan.
b. Prasarana : buku siswa, buku guru, materi, aktivitas, dan asesmen dalam Modul Belajar Praktis
Bahasa Indonesia SD/MI Kelas IV Semester 2 terbitan CV VIVA PAKARINDO.
5. Target Peserta Didik
a. Peserta didik reguler/tipikal.
b. Peserta didik dengan kesulitan belajar.
c. Peserta didik dengan pencapaian tinggi.
6. Model Pembelajaran
Pembelajaran tatap muka.
B. KOMPONEN INTI
1. Tujuan Pembelajaran
a. Peserta didik dapat memahami tujuan dan pesan yang disampaikan penulis dalam tulisannya. b. Peserta didik dapat mencari dan menggunakan informasi dari beragam sumber.
c. Peserta didik dapat memahami dan menggunakan tanda baca dalam penulisan angka atau nilai uang.
d. Peserta didik dapat memahami dan menulis teks prosedur.
2. Pemahaman Bermakna
Mempelajari materi cara membayar ini, peserta didik dapat memahami bahwa cara membayar dapat dilakukan dengan metode barter dan dengan nilai tukar berupa uang. Selain itu, dalam menggunakan uang perlu mengetahui nilai uang dan cara penulisannya. Materi ini erat kaitannya dengan literasi keuangan yang perlu diketahui oleh peserta didik. Literasi tersebut dapat disampaikan dalam bentuk sebuah cerita. Dari sebuah cerita, peserta didik juga dapat mengetahui sebuah pesan yang disampaikan penulis cerita.
3. Pertanyaan Pemantik
a. Apa yang harus dilakukan untuk mengetahui pesan penulis cerita?
b. Di mana dapat memperoleh informasi tambahan?
c. Bagaimana cara menulis nilai uang dalam bilangan?
d. Bagaimana cara menulis teks prosedur?
4. Persiapan Pembelajaran
Guru mempersiapkan bahan ajar, modul ajar, perangkat pendukung pembelajaran tentang cara membayar.
5. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan 1 (6 x 35 menit) a. Pendahuluan
1) Guru mengucapkan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
2) Guru memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
3) Guru mengingatkan kembali materi prasyarat yang telah dipelajari sebelumnya.
4) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.
5) Guru memberikan pertanyaan sebagai pemantik terkait mengidentifikasi pesan dalam cerita.
b. Kegiatan Inti
1) Peserta didik mengamati dan mengumpulkan informasi tentang mengidentifikasi pesan dalam cerita.
2) Peserta didik merumuskan permasalahan berkaitan dengan mengidentifikasi pesan dalam cerita.
3) Peserta didik (secara mandiri/bekerja sama dalam kelompok) menganalisis tentang mengidentifikasi pesan dalam cerita.
4) Peserta didik secara acak diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil analisisnya.
5) Guru memberikan konfirmasi pada setiap jawaban peserta didik.
c. Penutup
1) Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
2) Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari melalui penugasan.
3) Mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan salam penutup.
Pertemuan 2 (6 x 35 menit)
a. Pendahuluan
1) Guru mengucapkan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
2) Guru memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
3) Guru mengingatkan kembali materi prasyarat yang telah dipelajari sebelumnya.
4) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.
5) Guru memberikan pertanyaan sebagai pemantik terkait menemukan informasi dari berbagai sumber.
b. Kegiatan Inti
1) Peserta didik mengamati dan mengumpulkan informasi tentang menemukan informasi dari berbagai sumber.
2) Peserta didik merumuskan permasalahan berkaitan dengan menemukan informasi dari berbagai sumber.
3) Peserta didik (secara mandiri/bekerja sama dalam kelompok) menganalisis tentang menemukan informasi dari berbagai sumber.
4) Peserta didik secara acak diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil analisisnya.
5) Guru memberikan konfirmasi pada setiap jawaban peserta didik.
c. Penutup
1) Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
2) Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari melalui penugasan.
3) Mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan salam penutup.
Pertemuan 3 (6 x 35 menit)
a. Pendahuluan
1) Guru mengucapkan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
2) Guru memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
3) Guru mengingatkan kembali materi prasyarat yang telah dipelajari sebelumnya.
4) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.
5) Guru memberikan pertanyaan sebagai pemantik terkait menulis nilai uang dalam bilangan dan huruf.
b. Kegiatan Inti
1) Peserta didik mengamati dan mengumpulkan informasi tentang menulis nilai uang dalam bilangan dan huruf.
2) Peserta didik merumuskan permasalahan berkaitan dengan menulis nilai uang dalam bilangan dan huruf.
3) Peserta didik (secara mandiri/bekerja sama dalam kelompok) menganalisis tentang menulis nilai uang dalam bilangan dan huruf.
4) Peserta didik secara acak diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil analisisnya.
5) Guru memberikan konfirmasi pada setiap jawaban peserta didik.
c. Penutup
1) Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
2) Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari melalui penugasan.
3) Mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan salam penutup.
Pertemuan 4 (6 x 35 menit)
a. Pendahuluan
1) Guru mengucapkan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
2) Guru memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
3) Guru mengingatkan kembali materi prasyarat yang telah dipelajari sebelumnya.
4) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.
5) Guru memberikan pertanyaan sebagai pemantik terkait menyusun teks prosedur.
b. Kegiatan Inti
1) Peserta didik mengamati dan mengumpulkan informasi tentang menyusun teks prosedur.
2) Peserta didik merumuskan permasalahan berkaitan dengan menyusun teks prosedur.
3) Peserta didik (secara mandiri/bekerja sama dalam kelompok) menganalisis tentang menyusun teks prosedur.
4) Peserta didik secara acak diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil analisisnya.
5) Guru memberikan konfirmasi pada setiap jawaban peserta didik.
c. Penutup
1) Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
2) Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari melalui penugasan.
3) Mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan salam penutup.
Nah itulah salah satu contoh bagian dari RPP atau modul ajar kurikulum merdeka, sengaja saya potong gak sampai pada bagian tanda tangan, karena terlalu panjang. RPP ini sudah dilengkapi dengan instrumen penilaian, jadi akan sangat memudahkan guru dalam melakukan pembelajaran di kelas.
Untuk unduh, silakan klik pada link-link berikut ini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar