Rabu, Juni 21, 2023

Download Modul Ajar / RPP Kurikulum Merdeka Kelas 4 Plus ATP dan Promes

 Download Modul Ajar / RPP Kurikulum Merdeka Kelas 4 Plus ATP dan Promes - Kurikulum Merdeka sebagai bentuk pebelajaran dengan paradigma baru berfungsi untuk memberikan kepastian praktik pembelajaran yang berpusat pada siswa. dengan kata lain kurikulum merdeka adalah sebuah siklus dari pemetaan standar kompetensi, perencanaan, dan pelaksanaan dengan tujuan siswa mencapai kompetensi yang diharapkan

Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Pembelajaram paradigma baru memberikan keleluasaan kepada siswa dalam rancangan pembelajaran serta asesmen sesuai karakteristik serta kebutuhan siswa. pada kurikulum merdeka ini Profil Pelajar Pancasila berperan menjadi penuntun arah sistem pendidikan Indonesia

Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka

berupa kompetensi serta karakter yang dipelajari lintas disiplin ilmu yang tertuang kedalam enam 6 dimensi , berikut ke-enam dimensi Profil Pelajar pancasila

  1. Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia
  2. Berkebinekaan Global
  3. Bergotong Royong
  4. Mandiri
  5. Bernalar Kritis
  6. Kreatif

Alur Tujuan Pembelajaran / ATP Kurikulum Merdeka / Silabus Kurikulum Merdeka

Alur Tujuan Pembelajara yang disingkat ATP yang merupakan Setandar Kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa pada setiap tahap perkembangan setiap mata pelajaran, ATP ini ditetapkan oleh pemerintah yang berisikan capaian pembelajaran memuat sekumpulan Kompetensi dan Lingkup Materi.
ATP / Alur Tujuan Pembelajaran berfungsi sama dengan Silabus, yang berguna sebagai acuan menyusun perencanaan Pembelajaran / RPP , Silabus /ATP kurikulum Merdeka Unduh DISINI

Modul Ajar Kurikulum Merdeka / RPP Kurikulum Merdeka

Modul Ajar ialah salah satu jenis perangkat ajar dalam kurikulum merdeka modul ajar sekolah dapat mengunakan modul ajar yang telah disediakan oleh pemerintah, modul ajar dapat dipadankan dengan RPP Kurikulum Merdeka, Modul Ajar dapat di katakan sebagai RPP Plus karena lebih lengkap dari RPP Konvensional.

satuan Pendidikan dapat mengembangkan modul ajar secara mandiri sehingga dapat di padankan sebagai RPP Kurikulum Merdeka, sekolah dapat menggunakan berbagai perangkat ajar termasuk modul ajar atau RPP dengan kelengkapan koponen dan format yang beragam sesuai kebutuhan peserta didik.

Komponen Modul Ajar / RPP  Kurikulum Merdeka

Modul Ajar di susun untuk memandu pendidik/guru dalam melaksanakan proses pembelajran. adapun komponen dalam modul ajar ditentukan oleh pendidik sesuai kebutuhan berikut komponen dalam modul ajar
  1. Informasi Umum yang memuat : Identitas penulis, Kompetensi awal, profil pelajar pancasila, sarana dan prasarana, target persertadidik, model pembelajaran
  2. Komponen Inti memuat : Tujuan pembelajaran, Asesmen, Pemahaman Bermakna, pertanyaan pemantik, kegiatan pembelajran, refleksi peserta didik dan pendidik
  3. Lapiran memuat : LKS, Pengayaan dan remedial, Bahan bacaan siswa dan guru, Glossarium, daftar pustaka
Komponen-komponen tersebut tidak semua wajib tercntum dalam modul ajar yang dikembangkan oleh guru, guru diberikan kebebasan untuk mengembangkan komponen dalam modul ajar kurikulum merdeka.

Download Modul Ajar / RPP Kurikulum Merdeka Kelas 4

Sebelum anda download, silakan simak dulu contoh RPP yang ada dalam file yang saya share :
A.    INFORMASI UMUM

1.    Identitas Modul

Sekolah               :                                                                  Jenjang Sekolah : SD/MI

Fase/Kelas          : B/IV

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Alokasi Waktu     : 26 JP

 2.    Kompetensi Awal

Sebelum mempelajari materi ini, diharapkan peserta didik sudah memiliki pengetahuan tentang cara membayar (tujuan dan pesan penulis cerita, menggunakan informasi dari beragam sumber, tanda baca, teks prosedur).

3.    Profil Pelajar Pancasila

Profil pelajar Pancasila yang diharapkan dalam modul ajar ini dapat membentuk peserta didik yang bergotong royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri.

4.    Sarana dan Prasarana

a.    Sarana      : laptop, proyektor/LCD, papan tulis, speaker, dan sarana lain yang relevan.

b.    Prasarana : buku siswa, buku guru, materi, aktivitas, dan asesmen dalam Modul Belajar Praktis

Bahasa Indonesia SD/MI Kelas IV Semester 2 terbitan CV VIVA PAKARINDO.

 5.    Target Peserta Didik

a.    Peserta didik reguler/tipikal.

b.    Peserta didik dengan kesulitan belajar.

c.     Peserta didik dengan pencapaian tinggi.
6.    Model Pembelajaran

Pembelajaran tatap muka.

 

B.    KOMPONEN INTI

1.    Tujuan Pembelajaran

a.    Peserta didik dapat memahami tujuan dan pesan yang disampaikan penulis dalam tulisannya. b.    Peserta didik dapat mencari dan menggunakan informasi dari beragam sumber.

c.     Peserta didik dapat memahami dan menggunakan tanda baca dalam penulisan angka atau nilai uang.

d.    Peserta didik dapat memahami dan menulis teks prosedur.


2.    Pemahaman Bermakna

Mempelajari materi cara membayar ini, peserta didik dapat memahami bahwa cara membayar dapat dilakukan dengan metode barter dan dengan nilai tukar berupa uang. Selain itu, dalam menggunakan uang perlu mengetahui nilai uang dan cara penulisannya. Materi ini erat kaitannya dengan literasi keuangan yang perlu diketahui oleh peserta didik. Literasi tersebut dapat disampaikan dalam bentuk sebuah cerita. Dari sebuah cerita, peserta didik juga dapat mengetahui sebuah pesan yang disampaikan penulis cerita.

 
3.    Pertanyaan Pemantik

a.    Apa yang harus dilakukan untuk mengetahui pesan penulis cerita?

b.    Di mana dapat memperoleh informasi tambahan?

c.     Bagaimana cara menulis nilai uang dalam bilangan?

d.    Bagaimana cara menulis teks prosedur?

 4.    Persiapan Pembelajaran

Guru  mempersiapkan  bahan  ajar,  modul  ajar,  perangkat  pendukung  pembelajaran  tentang  cara membayar.

5. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan 1 (6 x 35 menit) a. Pendahuluan

1)    Guru mengucapkan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran.

2)    Guru memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.

3)    Guru mengingatkan kembali materi prasyarat yang telah dipelajari sebelumnya.

4)    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.

5)    Guru memberikan pertanyaan sebagai pemantik terkait mengidentifikasi pesan dalam cerita.

b.    Kegiatan Inti

1)    Peserta didik mengamati dan mengumpulkan informasi tentang mengidentifikasi pesan dalam cerita.

2)    Peserta didik merumuskan permasalahan berkaitan dengan mengidentifikasi pesan dalam cerita.

3)    Peserta   didik   (secara   mandiri/bekerja   sama   dalam   kelompok)   menganalisis   tentang mengidentifikasi pesan dalam cerita.

4)    Peserta didik secara acak diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil analisisnya.

5)    Guru memberikan konfirmasi pada setiap jawaban peserta didik.

c.    Penutup

1)    Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.

2)    Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari melalui penugasan.

3)    Mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan salam penutup.

 

Pertemuan 2 (6 x 35 menit)

a.    Pendahuluan

1)    Guru mengucapkan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran.

2)    Guru memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.

3)    Guru mengingatkan kembali materi prasyarat yang telah dipelajari sebelumnya.

4)    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.

5)    Guru memberikan pertanyaan sebagai pemantik terkait menemukan informasi dari berbagai sumber.

b.    Kegiatan Inti

1)    Peserta didik mengamati dan mengumpulkan informasi tentang menemukan informasi dari berbagai sumber.

2)    Peserta  didik  merumuskan  permasalahan  berkaitan  dengan  menemukan  informasi  dari berbagai sumber.

3)    Peserta didik (secara mandiri/bekerja sama dalam kelompok) menganalisis tentang menemukan informasi dari berbagai sumber.

4)    Peserta didik secara acak diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil analisisnya.

5)    Guru memberikan konfirmasi pada setiap jawaban peserta didik.

c.    Penutup

1)    Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.

2)    Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari melalui penugasan.

3)    Mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan salam penutup.

 

Pertemuan 3 (6 x 35 menit)

a.    Pendahuluan

1)    Guru mengucapkan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran.

2)    Guru memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.

3)    Guru mengingatkan kembali materi prasyarat yang telah dipelajari sebelumnya.

4)    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.

5)    Guru memberikan pertanyaan sebagai pemantik terkait menulis nilai uang dalam bilangan dan huruf.

  b.    Kegiatan Inti

1)    Peserta didik mengamati dan mengumpulkan informasi tentang menulis nilai uang dalam bilangan dan huruf.

2)    Peserta didik merumuskan permasalahan berkaitan dengan menulis nilai uang dalam bilangan dan huruf.

3)    Peserta didik (secara mandiri/bekerja sama dalam kelompok) menganalisis tentang menulis nilai uang dalam bilangan dan huruf.

4)    Peserta didik secara acak diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil analisisnya.

5)    Guru memberikan konfirmasi pada setiap jawaban peserta didik.

 

c.    Penutup

1)    Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.

2)    Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari melalui penugasan.

3)    Mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan salam penutup.

 

Pertemuan 4 (6 x 35 menit)

a.    Pendahuluan

1)    Guru mengucapkan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran.

2)    Guru memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.

3)    Guru mengingatkan kembali materi prasyarat yang telah dipelajari sebelumnya.

4)    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi.

5)    Guru memberikan pertanyaan sebagai pemantik terkait menyusun teks prosedur.

 

b.    Kegiatan Inti

1)    Peserta didik mengamati dan mengumpulkan informasi tentang menyusun teks prosedur.

2)    Peserta didik merumuskan permasalahan berkaitan dengan menyusun teks prosedur.

3)    Peserta didik (secara mandiri/bekerja sama dalam kelompok) menganalisis tentang menyusun teks prosedur.

4)    Peserta didik secara acak diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil analisisnya.

5)    Guru memberikan konfirmasi pada setiap jawaban peserta didik.

 

c.    Penutup

1)    Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.

2)    Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari melalui penugasan.

3)    Mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan salam penutup.

 


Nah itulah salah satu contoh bagian dari RPP atau modul ajar kurikulum merdeka, sengaja saya potong gak sampai pada bagian tanda tangan, karena terlalu panjang. RPP ini sudah dilengkapi dengan instrumen penilaian, jadi akan sangat memudahkan guru dalam melakukan pembelajaran di kelas.

Untuk unduh, silakan klik pada link-link berikut ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top