Gunakan Anti Virus Ini Untuk Melindungi Komputer Dari Virus Ransomware Wannacry

Gunakan Anti Virus Ini Untuk Melindungi Komputer Dari Virus Ransomware Wannacry | Ransomware, mejadi terror menakutkan bagi para pengguna komputer baik personal, bisnis, ataupun instansi pemerintah. Efek yang diakibatkan oleh ransomware tidak main-main, semua data dalam komputer tidak bisa diakses sehingga semua data penting tidak akan dapat dibuka. Jelas, keadaan ini membuat pusing bahkan stres tingkat tinggi.

Ransomware Wannacry atau Ransomware Wanna Cry adalah varian terbaru dari virus (malware) ransomware yang sebelumnya sudah banyak varian ransomware berkeliaran. Diantara varian-varian yang sempat populer menghebohkan jagat maya adalah Ransomware Locky (Loki), Thor, hingga Odin yang masih dalam satu keluarga dalam mitologi Yunani. Dan tak lupa Osiris.

Selain variant virus Ransomware yang mengadopsi nama dari tokoh karakter Marvel atau tokoh dalam motologi Yunani tersebut, ada pula nama yang diluar konteks dari karakter tokoh mitologi kuno seperti Cerber, Zeus, Petya, Jigzaw, (maaf) Shit, dan lain sebagainya.

Banyaknya varian virus (malware) ransomware menandakan bahwa program jahat ini tidak dibut oleh satu orang, melainkan terdapat banyak kelompok pembuat dan pengembang ransomware dari seluruh belahan dunia dengan sistem penyerangan yang sama. Cara kerja dari ransomware adalah dengan mengeksploitasi celah kelemahan sistm operasi untuk menyusupkan program jahatnya dan menginfeksi sistem secara keseluruahan. Tujuan utama dari virus ransomware bukan untuk merusak sistem, tapi untuk menyandera data-data yang ada dalam komputer korban.

Banyaknya varian ransomware juga dimaksudkan untuk mengelabui calon korban, jika varian yang satu berhasil dibendung (dikarntina) maka varian lainnya akan bergerak bebas memasuki setiap celah yang ada dalam sistem operasi komputer.

Cara Mengenali Virus (Malware) Wannacry

Wannacry jika dipisah maka akan menjadi Wanna Cry yang mana sebenarnya adalah Wanna dan Crypt yang memiliki filosofi "jika komputer terkenal virus ransomware wannacry maka file-file penting akan rusak dan terenkripsi, apakah rasanya anda ingin menangis?"

Bagaimana tidak menangis, jika data-data penting dalam komputer semuanya tidak bisa dibuka. Itulah tujuan dari semua varian ransomware termasuk Wanna Cry.

Virus ransomware wannacry menyebar dengan menggunakan file Setup / Installer Ransomware WannaCry yang bisa berjalan secara otomatis. File installer ini merupakan sebuah paket SFX ZIP executable (yang dapat dijalankan dikomputer), dengan daya kompresi file 55% dan file yang ada didalamnya dipassword, sehingga tidak bisa diekstrak sembarangan, kecuali dengan menjalankan virusnya terlebih dahulu, yakni menjalankan Setup tersebut.

Ciri-Ciri Komputer Terinfeksi Ransomware Wannacry

Ciri khas dari virus ransomware wannacry adalah adanya pesan pada wallpaper yang pada intinya memberitahukan bahwa semua data pada komputer sudah disandera (dienkripsi) untuk bisa mengembalikan atau bisa membuka data kembali maka anda harus memberikan sejumlah tebusan yang mana tebusan tersebut akan ditukar dengan tool decryptor, yaitu aplikasi untuk mengembalikan data yang sudah dienkripsi.
pesan minta tebusan dari ransomware wannacry
Ransomware wannacry juga membuat file-file dan data-data palsu yang menyerupai file dan data dari sistem operasi windows. Salah satunya adalah ransomware wannacry membuat diskpart.exe palsu. Namun jika diteliti lebih cermat, file diskpart.exe palsu milik ransoware wannacry ini lebih besar ukurannya dibanding dikspart.exe asli windows. 

Untuk memastikan apakah ada diskpart palsu yang sudah menyusup pada sistem operasi windows anda, silakan anda buka folder C:\Windows\System32\ diskpart.exe. Silakan klik kanan dan klik properties, kemudian bandingkan dengan gambar di bawah ini.

Diskpart Palsu
Diskpart Asli

Coba perhatikan dari kedua properties di atas, untuk dispart palsu pada title bar judulnya
hanya berupa kode-kode tidak jelas, sedangkan diskpart asli windows jelas pada title bar tertulis diskpart.exe Properties. Selain itu, terdapat perbedaan ukuran atau size file yang sangat mencolok. Pada diskpart palsu ukurannya mencapai 3,35 MB sedangkan pada diskpart asli hanya berukuran 130 KB saja.

Ukuran yang besar dari diskpart palsu karena file tersebut sebenarnya berisi banyak file lagi, salah satunya adalah file dengan nama “b.wnry” berupa file gambar yang digunakan untuk Background WannaCry Ransomware sekaligus dijadikan trik untuk menghipnotis korbannya agar korban panik dan takut terhadap dampak virus ini, yang sebenarnya dampaknya memang menakutkan, selama belum ditemukan ‘decyptor’-nya, pengembali file yang sudah dirusak dengan enkripsi / encrypt.

Anti Virus Yang Ampuh Melawan Virus Ransomware Wannacry


Konon kabarnya, jika virus ransomware sudah menginfeksi komputer maka akan sangat sulit untuk dibasmi atau dilumpuhkan. Tap, beberapa anti virus menawarkan fitur untuk mencegah terjadinya serangan oleh virus ransomware wanna cry. Anti verus lokal asli Indonesia paling populer, yaitu SMADAV merilisi versi terbarunya diklaim mampu mencegah serangan virus ransomware wannacry. Untuk itu bagi anda yang sudah menggunakan SMADAV sebagai anti virus andalah pada komputer anda silakan segera lakukan update SMADAV anda ke versi terbaru yaitu SMADAV 2017 11.4.


Untuk mengupdate SMADAV ke versi smadav 2017 11.4 sangat mudah, silakan anda hidupkan komputer atau laptop anda dan pastikan terkoneksi dengan internet, maka smadav akan secara otomatis melakukan update. Jika, anda belum menggunakan smadav, silakan donwload smadav 2017 11.4 di sini.

smadav terbaru anti ransomware wannacry

Nah itulah tampilan dari smadav 2017-11.4 dengan fitur terbarunya yaitu anti ranmsoware wannacry. Dengan anti virus terbaru ini, diharapkan komputer dan laptop anda akan terlindungi dari serangan virus ransomware wannacry.

Samadav juga menyarankan agar menambah satu anti virus lagi untuk menambah kekuaran pertahanan komputer dari serangan virus ransomware. Saya sarankan anda menggunakan kapersky atau AVG. Silakan pilih salah satu saja. Untuk mengunduh AVG terbaru silakan klik di sini.

Download Tool Decryptor Gratis

Jika komputer anda sudah terlanjur diserang virus ransomware dan semua data tidak bisa dibuka, jangan panik dan jangan membayar tebusan pada siapapun. Silakan anda gunakan tool decryptor gratisan dari anti virus-anti virus terkenal. Dalam hal ini AVG juga memberikan tool decryptor gratis untuk anda. Silakan unduh di sini.

Tool Decryptor ini berfungsi untuk mengembalikan atau memulihkan data yang sudah dienkripsi oleh ransomware. Namun pastinya butuh waktu, apalagi kalau data anda sangat banyak. Jadi, perlu kesabaran untuk bisa mengembalikan semua data bisa diakses kembali.
Comments
0 Comments

0 Response to "Gunakan Anti Virus Ini Untuk Melindungi Komputer Dari Virus Ransomware Wannacry"

Posting Komentar