12 Tips Microsoft Excel Untuk Mempercepat Pekerjaan dan Terlihat Professional | Tips-tips microsoft excel ini akan membantu anda dalam mempercepat menyelesaikan pekerjaan anda. Dalam bekerja menggunakan microsoft excel ada banhyak sekali tips dan trik agar pekerjaan cepat selesai. Untuk itu bagi anda para pemula, silakan ikuti tips dan trik micorosoft excel ini dengan seksama. Tapi kalau anda seorang yang sudah expert, tidak ada salahnya untuk berbagai ilmu di sini. Hehehe....
Sebenarnya ada banyak sekali tips dan trik microsoft excel yang ingin saya share untuk anda, tapi karena keterbatasan waktu saya share 12 tips microsoft excel terlebih dahulu. Untuk yang lainnya akan saya share dalam artikel berikutnya. Sekarang, silakan baca dulu 12 tips microsoft excel agar anda menjadi seorang yang professional.
Baca Juga : Fungsi Add In Terbilang Microsoft Excel
Dalam sekumpulan data terkadang ada banyak sekali data yang sama (data ganda). Mungkin karena alasan tertentu anda ingin mengambil data yang unik (tidak ada data sama). Maka anda bisa memakai tips microsoft excel ini. Siakan anda gunakan menu Advance Filter Data. Silakan anda klik Data klik Advave pada kelompok filter data. Klik pada Copy to another location kemudian tentukan cell tempat data unik akan diletakkan. Klik pada Unique records only. Klik OK.
Baca Juga : Tips Microsoft Excel Cara Merubah Angka Menjadi Teks
Masih berkaitan dengan filter data. Kali ini mungkin anda ingin hanya menampilkan data tertentu saja pada senua range data. Contih dalam data di atas, saya ingin menampilkan data berdasarkan tempat tugas tertentu. Untuk melakukannya silakan blog judul kolom dari data tersebut kemudian klik menu Data klik filter sehingga pada judul kolom data akan muncul tanda seperti yang beri tanda lingkaran. Selanjutnya klik pada tanda tersebut sehingga akan muncul deretan data dari cell tersebut. Untuk menyembunyikan data yang tidak diinginkan, silakan hilangkan ceklisnya. Klik OK.
Baca Juga : Rumus Menghitung Umur Sekarang Pada Excel
Menyembunyikan data bukan menghapus data. Dalam cell tersebut akan terlihat kosong, tapi ketika di sorot pada formula bar akan terlihat datanya. Untuk melakukan ini silakan anda blog cell yang ingin disembunyikan datanya, kemudian buka Format Cell (Ctrl + 1). Pilih tab number, pilih custom, pada type silakan isi dengan ";;;" (tanpa tanda petik). Klik OK
Untuk menyisipkan baris di tengah-tengah baris yang sudah ada datanya, anda bisa menggunakan perintah insert row. Silakan anda blok berapa jumlah baris ingin anda tambahkan, kemudian klik kanan pada nomor baris klik Insert Row atau bisa menggunakan perintah dengan kombinasi tombil Alt + I kemudian klik tekan tombol R.
Baca Juga : Cara Membuat Barcode Pada Microsoft Excel
Sebenarnya ada banyak sekali tips dan trik microsoft excel yang ingin saya share untuk anda, tapi karena keterbatasan waktu saya share 12 tips microsoft excel terlebih dahulu. Untuk yang lainnya akan saya share dalam artikel berikutnya. Sekarang, silakan baca dulu 12 tips microsoft excel agar anda menjadi seorang yang professional.
Baca Juga : Fungsi Add In Terbilang Microsoft Excel
12 Tips Microsoft Excel Untuk Pemula
1. Copy Data Unik Ke Cell Berbeda

Dalam sekumpulan data terkadang ada banyak sekali data yang sama (data ganda). Mungkin karena alasan tertentu anda ingin mengambil data yang unik (tidak ada data sama). Maka anda bisa memakai tips microsoft excel ini. Siakan anda gunakan menu Advance Filter Data. Silakan anda klik Data klik Advave pada kelompok filter data. Klik pada Copy to another location kemudian tentukan cell tempat data unik akan diletakkan. Klik pada Unique records only. Klik OK.
Baca Juga : Tips Microsoft Excel Cara Merubah Angka Menjadi Teks
2. Memilih Data Tertentu

Baca Juga : Rumus Menghitung Umur Sekarang Pada Excel
3. Menyembunyikan Data Pada Sebuah Cell

4. Manambah atau Menyisipkan Banyak Baris Sekaligus

Untuk menyisipkan baris di tengah-tengah baris yang sudah ada datanya, anda bisa menggunakan perintah insert row. Silakan anda blok berapa jumlah baris ingin anda tambahkan, kemudian klik kanan pada nomor baris klik Insert Row atau bisa menggunakan perintah dengan kombinasi tombil Alt + I kemudian klik tekan tombol R.
Baca Juga : Cara Membuat Barcode Pada Microsoft Excel
5. Menambah atau Menyisipkan Banyak Kolom Sekaligus

Sama dengan menambah baris. Blog terlebih dahulu berapa kolom yang ingin ditambahkan (disisipkan) kemudian klik pada head column dan klik insert atau menggunakan kombinasi tombil Alt + I kemudian tekan tombol C.
6. Mengeblok Semua Data Dalam Satu Sheet

7. Membuat Garis Diagonal Pada Sebuah Cell

8. Membuat Satuan Data Pada Cell

Baca Juga : Cara Mudah Mencari Data Ganda Pada Excel
9. Membuat Shortcut Menu

10. Memindah Data Dengan Cepat

Untuk memindah sebuah data dengan cepat, silakan blog data tersebut. Kemudian klik pada baris tepi cell yang diblok, tarik ke cell dituju. Anda juga bisa menggunakan perintah Ctrl + X kemudian letakkan kursor pada cell yang dituju dan tekan tombol Ctrl + V
11. Menulis Data Angka Dengan Awalan Nol

12. Konversi Dari Huruf Kecil ke Kapital dan Sebaliknya

Tidak ada komentar:
Posting Komentar