Jumat, Maret 25, 2016

12 Tips Microsoft Excel Untuk Mempercepat Pekerjaan dan Terlihat Professional

12 Tips Microsoft Excel Untuk Mempercepat Pekerjaan dan Terlihat Professional | Tips-tips microsoft excel ini akan membantu anda dalam mempercepat menyelesaikan pekerjaan anda. Dalam bekerja menggunakan microsoft excel ada banhyak sekali tips dan trik agar pekerjaan cepat selesai. Untuk itu bagi anda para pemula, silakan ikuti tips dan trik micorosoft excel ini dengan seksama. Tapi kalau anda seorang yang sudah expert, tidak ada salahnya untuk berbagai ilmu di sini. Hehehe....

Sebenarnya ada banyak sekali tips dan trik microsoft excel yang ingin saya share untuk anda, tapi karena keterbatasan waktu saya share 12 tips microsoft excel terlebih dahulu. Untuk yang lainnya akan saya share dalam artikel berikutnya. Sekarang, silakan baca dulu 12 tips microsoft excel agar anda menjadi seorang yang professional.

Baca Juga : Fungsi Add In Terbilang Microsoft Excel

12 Tips Microsoft Excel Untuk Pemula

1. Copy Data Unik Ke Cell Berbeda

tips microsoft excel untuk mempercepat pekerjaan

Dalam sekumpulan data terkadang  ada banyak sekali data yang sama (data ganda). Mungkin karena alasan tertentu anda ingin mengambil data yang unik (tidak ada data sama). Maka anda bisa memakai tips microsoft excel ini. Siakan anda gunakan menu Advance Filter Data. Silakan anda klik Data klik Advave pada kelompok filter data. Klik pada Copy to another location kemudian tentukan cell tempat data unik akan diletakkan. Klik pada Unique records only. Klik OK.

Baca Juga : Tips Microsoft Excel Cara Merubah Angka Menjadi Teks

2. Memilih Data Tertentu

tips microsoft excel untuk mempercepat pekerjaan
Masih berkaitan dengan filter data. Kali ini mungkin anda ingin hanya menampilkan data tertentu saja pada senua range data. Contih dalam data di atas, saya ingin menampilkan data berdasarkan tempat tugas tertentu. Untuk melakukannya silakan blog judul kolom dari data tersebut kemudian  klik menu Data klik filter sehingga pada judul kolom data akan muncul tanda seperti yang beri tanda lingkaran. Selanjutnya klik pada tanda tersebut sehingga akan muncul deretan data dari cell tersebut. Untuk menyembunyikan data yang tidak diinginkan, silakan hilangkan ceklisnya. Klik OK.

Baca Juga : Rumus Menghitung Umur Sekarang Pada Excel

3. Menyembunyikan Data Pada Sebuah Cell

tips microsoft excel untuk mempercepat pekerjaan
Menyembunyikan data bukan menghapus data. Dalam cell tersebut akan terlihat kosong, tapi ketika di sorot pada formula bar akan terlihat datanya. Untuk melakukan ini silakan anda blog cell yang ingin disembunyikan datanya, kemudian buka Format Cell (Ctrl + 1). Pilih tab number, pilih custom, pada type silakan isi dengan ";;;" (tanpa tanda petik). Klik OK

4. Manambah atau Menyisipkan Banyak Baris Sekaligus

tips microsoft excel untuk mempercepat pekerjaan

Untuk menyisipkan baris di tengah-tengah baris yang sudah ada datanya, anda bisa menggunakan perintah insert row. Silakan anda blok berapa jumlah baris ingin anda tambahkan, kemudian klik kanan pada nomor baris klik Insert Row atau bisa menggunakan perintah dengan kombinasi tombil Alt + I kemudian klik tekan tombol R.

Baca Juga : Cara Membuat Barcode Pada Microsoft Excel

5. Menambah atau Menyisipkan Banyak Kolom Sekaligus


Sama dengan menambah baris. Blog terlebih dahulu berapa kolom yang ingin ditambahkan (disisipkan) kemudian klik pada head column dan klik insert atau menggunakan kombinasi tombil Alt + I kemudian tekan tombol C.

6. Mengeblok Semua Data Dalam Satu Sheet

Untuk mengebol atau menyeleksi semua data dalat satu sheet anda bisa melakukannya dengan cara klik pada bagian pjok kiri bagian atas (lihat yang saya beri tanda lingkaran merah) atau anda juga bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl + A.

7. Membuat Garis Diagonal Pada Sebuah Cell

Untuk memberikan gari diagonal pada cell, silakan anda pilih cell atau blog cell kemudian bukan Format Cell (Ctrl + 1) pilih tab Border kemudian pada gambar yang saya beri tanda kotak merah. Klik OK.

8. Membuat Satuan Data Pada Cell

Ada kalanya anda harus membuat sebuah data dengan satuan data tertentu. Misal kilogram (kg). Tapi dalam waktu bersamaan, anda juga harus membuat rumus (hitungan) dari angka dengan satuan data tersebut. Nah, jika anda membuat data dengan mengetik angka + satuan data secara manual, maka tidak tidak akan bisa dibuat rumusnya. Maka, solusinya buat satuan data menggunakan format number. Silakan anda bukan format cell (Ctrl + 1) pilih tab number, pilih kategori Custom. Pada type isi dengan #" kg" (tagar tanda petik spasi kg tanda petik). Klik OK. Hasilnya, pada saat anda memasukkan angka maka otomatis akan muncul satuan kg.

Baca Juga : Cara Mudah Mencari Data Ganda Pada Excel

9. Membuat Shortcut Menu

Shortcut menu sangat penting dalam membantu mempercepat pekerjaan. Silakan anda klik pada tanda segitiga terbalik (yang beri saya lingkaran biru) kemudian pilih menu yang anda inginkan. Misal anda ingin memasukkan menu Quick Print, Print Preview dll.

10. Memindah Data Dengan Cepat


Untuk memindah sebuah data dengan cepat, silakan blog data tersebut. Kemudian klik pada baris tepi cell yang diblok, tarik ke cell dituju. Anda juga bisa menggunakan perintah Ctrl + X kemudian letakkan kursor pada cell yang dituju dan tekan tombol Ctrl + V

11. Menulis Data Angka Dengan Awalan Nol

Menulis angka dengan awalan nol tidak bisa lho kalau dengan cara biasa saja. Nantinya seteleh di enter, angka nol akan tetap hilang. Agar angka nol yang diketik tidak hilang maka harus diawali dengan tanda (') (tanpa tanda kurung).

12. Konversi Dari Huruf Kecil ke Kapital dan Sebaliknya

Pernah gak mengalami masalah ingin merubah huruf kecil menjadi besar dari sebuah cell. Jika pernah dan sampai saat ini belum menemukan caranya, silakan gunakan fungsi sederhana dari excel ini. Silakan ketik pada cell yang kosong =upper(cell tempat data dengan huruf kecil). Contoh =UPPER(A2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Buat Kamu

Back To Top